Sabtu, 16 Juli 2011

festival layang-layang nasional 2011

Nah, jumpa lagi...
Seperti kata saya dalam posting sebelumnya, saya akan bercerita sedikit tentang jalan-jalan saya ke pantai glagah kulon progo, yg kebetulan sedang jadi tuan rumah buat Festival Layang-layang Nasional 2011.
Festival berlangsung 2 hari, yaitu Sabtu 9 Juli dan Minggu 10 Juli 2011. Tapi saya hanya datang pada hari Minggunya. Itupun tidak sedari pagi. Mengenai detail acara sendiri, sebenarnya saya tidak tahu menahu :). Jadi mungkin saya tidak akan terlalu banyak bercerita di postingan kali ini...

Begitu saya memasuki area wisata pantai glagah, dari arah parkir sepeda motor sudah tampak beberapa layang-layang yang cukup unik yang bertebaran. Saat saya tiba sepertinya sedang tidak ada agenda khusus acara, dan tampaknya layang-layang yang dinaikan sekedar untuk bersenang-senang. Beberapa tersebar di sekitaran bibir pantai, tapi lebih banyak yang berkumpul diarea lapangan yang digunakan sebagai pusat festival. Saya sempat duduk di dekat serombongan remaja yang sedang asik menaikan layang-layang mereka. sepertinya termasuk peserta festival, menilik dar kaos mereka yg seragam. Ada layang2 berbentuk doraemon, parasut dan segitiga. Sayang fotonya tidak begitu bagus jadi tidak saya sertakan.. :p


tampak seorang pelayang menurunkan layang-layangnya yg lumayan besar
Siang itu meskipun tergolong cerah, tapi awan sesekali menghalau mentari memancarkan teriknya. Dan anginpun tidak berhembus terlalu kencang.  Setelah berduduk santai di tepi pantai, saya mulai mendatangi kerumunan di lapangan. Rupanya agenda penilaian sudah dimulai. Layang-layang yang terpilih, dinaikkan sore itu.  Kurangnya angin cukup mempengaruhi para pelayang. Ada beberapa layang-layang yang tidak dapat naik, karena angin tidak cukup kencang dan lapangan yg disediakan tidak cukup panjang untuk awalan. Maklum layang-layang disini tdk seperti yg biasa kita mainkan waktu kecil dulu. Disini ada yang bermodel rangkaian layang-layag yang jika diterbangkan panjangnya bisa mencapai puluhan meter. Jujur saja baru kali ini saya me;ihat langsung layang2 yang seperti itu. Biasanya hanya berupa gambar atau di TV.
layang-layang berbentuk burung raksasa ini mesti diusung 10 orang lebih saking besarnya.
dan itulah burung raksasa yang diusung tadi, bandingkan dengan layang-layang di sekitarnya yang tampak kecil.

Menyaksikan layang-layang dengan aneka bentuk yang unik dan indah mengangkasa memberi suasana tersendiri buat saya. Semacam perasaan bebas, nyaman dan damai berkejaran saat kita menikmati indahnya layang-layang tersebut diangkasa. Mungkin terdengar berlebihan, tapi anda bsa mencobanya sendiri suatu saat nanti. Sembari duduk di tepi pantai yang nyaman, memandang layang-layang yang bergoyang, kadang pelan, kadang tak terduga.

Di akhir rangkaian festival layang-layang, diadakan sesi adu layangan. Diaman pesertanya menggunakan layang-layang berbentuk segi 6 dengan ukuran standar yang sama. Masing-masing mewakili daerah atau komunitasnya. Aturannya adalah, setiap layang-layang wajib langsung menyerang dan menjatuhkan lawan begitu layangan bisa naik. Jika tidak ada aktifitas penyerangan dan hanya pasif, maka dianggap gugur.  Pertandingan cukup seru dan sangat singkat. Peserta dengan segera saling menjatuhan layang-layang lawan. Tiga peserta yang bertahan kembali ditandingkan untuk memperebutkan juaranya.

layang-layang dinaikan dalam adu sangkutan.

ini dia serunya adu layang-layang
Ada beberapa model layang layang berangkai seperti ini, panjangnya bisa puluhan meter..
Dengan berakhirnya adu layang-layang itu, berakhir pula rangkaian festival layang-layang itu. Menurut yang saya demgar, akan diadakan lagi festival selanjutnya pada bulan september mendatang, di pantai Parangkusumo Bantul. Mungkin pada kesempatan itu saya akan datang lebih awal, supaya tidak tertinggal.


Sekian dulu tulisan yang amburadul ini saya akhiri saja...
daripada makin tidak berkenan... Setidaknya saya berbagi sedikit gambar disini, jadi mungkin anda bisa sedikit membayangkan suasana disana. Sampai jumpa pada festival selanjutnya september mendatang... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar